Jumat, 07 Maret 2014

Nasi Bebek Sinjay

 

 Kuliner Nasi Bebek Sinjay Bangkalan


Salah satu hidangan khasnya yang cukup populer, Nasi Bebek Sinjay, merupakan kuliner yang patut dicicipi. Kini, tak hanya di tempat asalnya saja, penganan ini juga telah hadir di Kota Pahlawan.

Ragam hidangan khas Madura yang banyak dikenal, antara lain soto daging, sate ayam, kaldu kokot, dan yang tak ketinggalan adalah Nasi Bebek Sinjay Bangkalan. Bila Anda penggemar nasi bebek dan sedang bepergian ke Madura, wisata kuliner madura yang tidak bisa ditawar-tawar lagi adalah Nasi Bebek Sinjay.


Rumah makan Nasi Bebek Sinjay yang terletak di Jalan Raya Ketengan Nomor 45 Kecamatan Burneh, Bangkalan, cukup mudah dijangkau. Melalui akses Jembatan Suramadu, kita akan mencapainya dari Surabaya dalam waktu kurang dari satu jam.

Kuliner satu ini cukup terkenal kelezatannya, dibuktikan dari antrean pengunjung yang selalu mengular. Bahkan, beberapa tahun sebelumnya, pengunjung yang datang siang hari sering kali harus pulang dengan kecewa karena kehabisan.

Nasi Bebek Sinjay awalnya hanya sebuah warung pinggir jalan yang buka sejak tahun 2003 di kawasan tersebut. Seiring banyaknya pelanggan, kini warung itu telah berubah menjadi rumah makan yang mampu menampung 500 pengunjung dengan puluhan pegawai.

Amin Sinjay, 36 tahun, generasi kedua pemilik rumah makan itu menjelaskan usahanya dimulai orang tuanya yang hanya seorang petani untuk menambah penghasilan.

Bukan berlebihan bila pelanggan rela menyeberangi Selat Madura demi hidangan satu ini. Daging bebek gorengnya jauh dari kesan alot, seperti lumer gurihnya saat dikunyah dalam mulut.

Selain empuk, aroma daging bebeknya juga tidak seamis nasi bebek pada umumnya. Disajikan bersama nasi pulen plus gorengan tepung kremes berwarna coklat yang supergurih.

Belum cukup di situ, sensasi kuliner nasi bebek makin lengkap dengan sambal pencit (mangga muda)-nya. Potongan-potongan pencit dengan rasa kecut segar diulek dengan sambal khas Madura yang superpedas, disajikan berhias daun kemangi dan timun segar, menambah cita rasa hidangan ini.

Keunikan berwisata kuliner di Nasi Bebek Sinjay adalah cara memesannya. Karena pengunjung harus membayar ke kasir dahulu sesuai jumlah porsi yang diinginkan, baru setelah itu mengambil pesanan di loket sebelahnya. Harga seporsinya cukup terjangkau, hanya 20 ribu rupiah sudah termasuk minuman teh dalam botol.

Tidak seperti umumnya, kita tidak bisa memilih jenis potongan daging seperti paha, dada, dan sebagainya. "Sematangnya masakan dari dapur itu yang pengunjung dapat, ini dilakukan demi memperlancar antrean yang pada hari libur bisa berdiri sampai satu jam. 

Kalau dulu banyak yang kehabisan, tapi sekarang kami sudah persiapkan stok sehingga meski datang sore hari masih kebagian," ungkap dia.

0 komentar:

Posting Komentar